Psikologi warna dalam desain grafis

Psikologi warna dalam desain grafis

Psikologi warna dalam desain grafis - Dalam menuangkan ide kreatif kalian ke dalam bentuk desain, kalian perlu memahami psikologi dari warna yang kalian gunakan. Sebuah perusahaan tentunya tidak akan memberikan warna yang asal pada logo mereka. Konsep yang matang tentunya membuat logo yang mereka miliki tampak elegan serta perpaduan warna yang mereka gunakan tampak serasi.

Warna memiliki makna tersendiri yang sebelum kita menggunakannya kita harus mengerti arti dari warna yang akan kita pergunakan. Memahami psikologi warna dalam desain adalah hal yang cukup mudah. Berikut ini adalah pembahasan dari psikologi warna yang biasanya digunakan oleh para desainer logo.

Warna Hitam

Warna hitam adalah warna yang menggambarkan kekuatan, suatu kemewahan, dan formalitas. Psikologi warna dalam desain menggunakan warna hitam untuk mendominasi dan sebagai warna yang bersifat netral sebagai dasar. Jika kalian ingin menambahkan kesan power yang besar kalian dapat menggunakan warna hitam yang banyak.

Warna Merah

Merah merupakan warna yang melambangkan gairah, keberanian, dan semangat. Menurut psikologi warna, desain yang menggunakan warna merah dapat membangkitkan gairah serta emosi. Dengan warna merah kalian bisa menceritakan sebuah semangat yang tinggi pada produk atau perusahaan kalian.

Psikologi warna dalam desain grafis

Warna Orange

Warna orange adalah warna yang memberikan kesan antusiasme, kepercayaan, serta kebahagiaan. Menurut psikologi warna, desain dengan warna orange dapat mencerminkan sebuah kebahagiaan dan kesejahteraan. Warna orange juga dapat membangkitkan antusiasme penonton yang melihatnya. Menggunakan warna orange juga dapat memberitahu kepada client anda mengenai semangat yang tergambar pada logo anda jika menggunakan warna orange.

Warna Kuning

Kuning merupakan warna yang menggambarkan optimisme, kreatif, progresif, serta kegembiraan. Warna kuning juga melahirkan kegembiraan. Sama dengan warna orange, jika keduanya dipadukan dengan warna yang lebih gelap akan menjadi warna yang lebih progresif. Oleh karena itu warna kuning sering di gunakan untuk kekreatifan.

Warna Hijau

Hijau adalah warna yang menggambarkan kesegaran, harmoni, dan sumber kehidupan manusia. Warna hijau sering digunakan karena akan menonjolkan kesan natural pada desain kalian. Warna ini digunakan karena memberikan kesan segar pada produk yang kalian tampilkan. Warna hijau memiliki sifat damai yang bisa kalian lihat pada kebanyakan desain dengan warna hijau.

Warna Biru

Warna biru merupakan simbol dari ketenangan, keseriusan, keyakinan, dan kepercayaan. Menggunakan warna biru akan memberikan kesan tenang layaknya air. Warna ini juga membantu yang melihatnya memahami keseriusan pada perusahaan kalian. Kepercayaan serta tanggung jawab juga terdapat pada warna ini.

Warna Ungu

Warna ini melambangkan kecantikan, kemegahan, dan keunikan. Psikologi desain yang melekat pada warna ini dapat menyampaikan kesan emosional yang spesifik. Warna ini digunakan pada desain yang sering digunakan untuk menonjolkan kesan inovasi serta keunikan.

Warna ini berhubungan dengan perusahaan perhiasan yang mempunyai inovasi tinggi serta keunikan. Tidak hanya dipergunakan oleh perusahaan perhiasaan, warna ini juga digunakan pada produk fashion dan kecantikan, karena kebanyakan wanita menyukai warna ini.

Psikologi warna dalam desain grafis

Warna Coklat

Coklat menggambarkan kesederhanaan, isolasi, kenyamanan, serta klasik. Warna ini biasa digunakan untuk menciptakan kesan klasik layaknya restoran atau kafe. Warna ini juga cocok digunakan untuk kalian yang ingin bernostalgia.

Warna Putih

Warna yang banyak kita temui ini menyimbolkan tentang kepolosan, kemurnian, serta kesucian. Warna yang memberikan kesan santun beserta polos dengan integritas tinggi ini memerlukan warna lain untuk menunjukan identitas yang akan kalian sampaikan pada orang yang kalian tuju.

Warna Emas

Warna yang dapat kita jumpai pada perhiasan ini merupakan warna yang eksistensinya jarang dipergunakan pada suatu desain. Kebahagiaan, kesuksesan, serta kemegahan terdapat pada warna ini. Warna ini sering dihubungkan dengan komoditas emas yang sering dicari orang untuk dimiliki. Warna ini juga kadang kita temui pada undangan pernikahan karena pernikahan merupakan sebuah kebahagiaan.

Itulah beberapa pembahasan saya tentang psikologi warna, kalian dapat menentukan warna yang mana yang akan kalian pilih untuk mewarnai karya yang kalian buat. Pilih warna yang cocok dengan konsep dari karya yang kalian buat.