Software desain grafis yang populer digunakan

Software desain grafis yang populer digunakan

Software desain grafis yang populer digunakan - Desain grafis tidak hanya tentang ide, konsep, dan kreativitas ya sob. Dalam desain grafis juga memerlukan alat yang dapat membuat kita nyaman dalam merealisasikan ide kita menjadi titik dan garis yang saling menyambung menjadi sebuah bentuk. Di sini saya akan membahas beberapa alat atau software desain grafis yang populer digunakan oleh para desainer pada masa sekarang ini. Apa saja alatnya? dibawah ini adalah daftarnya.

Software desain grafis yang populer digunakan

Adobe Illustrator

Software yang satu ini bukan software yang baru ya sob. Rilis pada tahun 1987, tercatat dari awal rilis hingga sekarang ini, telah banyak versi Adobe Illustrator, mulai dari seri CS (Creative Suit) dan CC (Creative Cloud).

Software ini mempunyai beberapa kelebihan yang sangat mendukung kemudahan penggunanya dalam melakukan pekerjaan. Berikut adalah kelebihan dari software ini.

Terhubung dengan produk Adobe yang lain

Software ini memiliki kelebihan yaitu terintegrasi dengan produk Adobe yang lain baik itu Adobe CS ataupun Adobe CC. Hal itu membuat fleksibilitas penggunaanya dalam melakukan pekerjaannya. Misal kita membuat logo dengan tipe Vektor untuk di gunakan pada projek video di Adobe Premiere Pro, kita tidak perlu mengeksport projeknya menjadi sebuah gambar, tapi kita dapat langsung mengimport file projek kita ke dalam Adobe Premiere Pro.

Kualitas gambar yang dihasilkan tajam

Karena software ini berbasis vektor dengan basis titik dan garis, jadi berbeda dengan software dengan tipe bitmap yang dengan pixel seperti Adobe Photoshop yang dimana gambar yang dihasilkan cenderung lebih tajam.

Dukungan plugin dan filter yang menarik

Seperti biasanya, Adobe Family mempunyai dukungan plugin dan filter yang banyak sehingga membuat kita tidak bosan dengan fitur defaultnya. Kelebihan ini jarang dimiliki oleh software desain grafis yang lain yang mungkin pernah kalian gunakan.

Memiliki fitur layer

Buat kalian yang sering menggunakan Adobe Photoshop tentunya tidak asing dengan fitur layer yang ada pada software itu. User Interface pada software ini juga hampir sama dengan Adobe Photoshop, jadi buat kalian yang terbiasa dengan Adobe Photoshop pasti akan mudah memahami software Adobe Illustrator.

Mempunyai fasilitas export yang baik

Software ini mendukung fitur export dengan format SVG (Scalable Vector Graphic) yang baik. Kita dapat melakukan konversi grafis yang kita buat dengan software ini ke format SVG secara langsung.

Software desain grafis yang populer digunakan

Corel Draw

Software yang selanjutnya ini cukup populer di kalangan para desainer. Secara user interface, software ini sangat berbeda dengan Adobe Illustrator, pada software ini tidak memiliki fitur layer yang terdapat pada software Adobe Illustrator. Software ini cukup populer dikarenakan sangat mudah untuk digunakan oleh pemula. Kelebihan yang lain dari software ini adalah mampu membuka file project dari Adobe Illustrator dengan format (.ai).

Seperti pada software yang lain, software ini juga memiliki kelebihan sebagai berikut ini.

Mendukung format import yang banyak

Meski software ini bukan termasuk Adobe family, software ini dapat mengimport file dengan format (.ai). Tak hanya itu, software ini juga dapat mengimpor banyak format file yang lain.

Kemudahan yang dimiliki

Karena tampilannya yang tidak terlalu rumit, software ini sangat mudah digunakan oleh para profesional bahkan pemula. Tampilan yang user friendly membuat software ini banyak digunakan oleh pemula yang baru mengenal dunia desain.

Menjadi standar perusahaan dan industri

Software ini sudah menjadi software standar para perusahaan dan industri, mulai dari industri yang kecil dan besar. Jika kita sering ke percetakan, software ini biasanya disandingkan dengan rivalnya yaitu Adobe Illustrator.

Adobe InDesign

Tidak hanya Adobe Illustrator, perusahaan besar ini juga mengeluarkan beberapa software pengolah grafis yang lain dengan fungsi dan dispesialisasikan untuk hal tertentu. Adobe InDesign ini sering digunakan untuk mengatur layout dari media cetak seperti majalah, tabloid ataupun koran.

Software ini mampu melakukan impor dengan berbagai format, seperti .JPG, .psd, .doc, serta .pdf. Kalian juga dapat mengekspor gambar dengan berbagai macam format sehingga kalian tidak perlu khawatir akan kompatibilitas dengan komputer yang lain.

Kelebihan dari software ini adalah sebagai berikut :
  1. Mempunyai tools yang dapat membuat blur gambar sehingga jika kita melayout koran yang terdapat berita kriminal kita dapat menyensor blur foto pelaku.
  2. Kemudahan untuk mengconvert gambar menjadi pdf yang dapat dikunci serta dicetak.
  3. Terdapat fasilitas untuk menambahkan tabel
  4. Mampu untuk membuka file dengan format (.psd)
  5. Dapat membuat gambar menjadi transparan dengan sempurna
Itulah beberapa kelebihan yang ditawarkan pada software ini, dalam suatu produk tentunya terdapat kekurangan serta kelebihan masing-masing.

Software desain grafis yang populer digunakan

Adobe Photoshop

Software sejuta umat ini juga dapat kalian gunakan sebagai software desain grafis, tapi basis dari software adalah bitmap sehingga gambar yang dihasilkan kurang maksimal karena menggunakan pixel bukan titik dan garis.

Software ini sebenarnya dipergunakan untuk mengedit foto, membuat background nya transparan, memperhalus wajah, mengedit tone warna dan lainnya. Tapi akhir-akhir ini software ini juga dipergunakan untuk desain grafis seperti membuat banner, layout majalah, dan membuat logo. Dapat kita simpulkan bahwa software ini adalah software serbaguna.

Itulah beberapa pembahasan saya mengenai software desain grafis yang populer digunakan. Masih banyak software yang lain yang tidak termasuk ke dalam pembahasan ini karena banyaknya software yang digunakan oleh para desainer diluar sana yang mungkin asing dan kita belum pernah mendengarnya.